News

45 Tahun Mewarnai Ranah Transportasi Dengan Kebersamaan dan Kekeluargaan

45 Tahun Mewarnai Ranah Transportasi Dengan Kebersamaan dan Kekeluargaan

Published On 15 May 2017

Depok, 13 Mei 2017 – Tak pernah terbayangkan Blue Bird Group (BBG) akan menjadi sebesar sekarang, bahkan di benak seorang Purnomo Prawiro, Direktur Utama PT Blue BIrd Tbk, sekalipun. Perjalanan Blue Bird Group diawali saat Ibu H. Mutiara Siti Fatimah Djokosoetono SH, bersama anak-anaknya menjalankan usaha taksi pada 45 tahun silam, bertujuan hanya untuk menghidupi keluarga kecil sepeninggal sang suami Prof. Djokosoetono, SH (Pendiri Fakultas Hukum UI).

Blue BIrd Group Didirikan pada tahun 1972 dan kini berkembang menjadi perusahaan transportasi darat terkemuka di Indonesia dengan karyawan dan pengemudi mencapai lebih dari 45.000 orang. Blue Bird telah berhasil menjadi salah satu perusahaan yang berkiprah panjang di industri transportasi di Indonesia dan telah memberikan kehidupan lebih dari 200.000 anggota keluarga pengemudi dan karyawan. Nama Blue Bird telah menjadi icon yang dikukuhkan oleh pemerintah dan sebagai local brand yang sangat membanggakan.“Ini patut kita syukuri. Sejak awal, Blue Bird didirikan hanya bertujuan untuk memberikan nafkah kepada keluarga kecil Prof. Djokosoetono. Filosofi member nafkah masih berlangsung sampai saat ini dengan cakupan lebih luas, yakni keluarga besar Blue Bird yang sekarang mencapai 45 ribu orang,” ucap Purnomo Prawiro.

Purnomo menambahkan, banyak hal yang bisa dibanggakan selama 45 tahun perjalanan Blue Bird. Misalnya di event berskala nasional dan internasional, dimana Blue Bird turut andil dan dipercaya menjadi moda transportasi untuk event nasional dan international, seperti acara KTT Non Blok dan kedatangan Raja Arab Saudi saat berkunjung ke Indonesia.

Perjalanan Blue Bird bukan tanpa tantangan. Setelah 45 tahun membangun dan membesarkannya, Purnomo mengaku tetap memegang teguh filosofi budaya perusahaan yakni, jujur, disiplin, kerjakeras dan kekeluargaan yang melekat dalam setiap personel BBG. “Perjalanan hidup seseorang atau sebuah perusahaan itu tidak selalu mulus. Pasti ada tantangan dan rintangan. Yang terpenting bagi kita tetap focus pada kekuatan kita, yaitu pelayanan, kejujuran, disiplin, kerja keras dan menjunjung nilai-nilai kekeluargaan,” ungkapnya.

Pada peringatan HUT ke 45 diperingati di Balairung Kampus Universitas Indonesia Depok pada Sabtu (13/5). Pada acara ini, PT Blue Bird Tbk, memberikan penghargaan masa kerja (satyalencana) lebih dari 2000 pengemudi dan karyawan, dengan masa kerja 8 tahun, 16 tahun, 24 tahun, 32 tahun dan 40 tahun. Juga memberikan beasiswa pendidikan dan beasiswa khusus untuk lebih dari 2000 putra putri pengemudi dan karyawan untuk semester genap.”Untuk membantu pengemudi dan karyawan beserta keluarganya, kami juga memiliki Program Blue Bird Peduli yang meliputi kegiatan CSR Kartini Blue Bird, yaitu pemberian ketrampilan untuk istri pengemudi dan juga program umroh yang setiap tahun memberangkatkan 40 orang,” jelas Purnomo.

Baca juga Berita Lainnya