Blue Bird Ikut Melastarikan Lingkungan di Setu Parigi, Tangerang Selatan

Setu Parigi adalah sebuah yang dibuat pada zaman Kolonial Belanda untuk kebutuhan irigasi persawahan dengan luas sekitar 7 hektare terletak di Kelurahan Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Setu ini berhulu di kecamatan Ciputat, Tangerang selatan dan semuanya berhilir di Kali Angke. Perjalanan waktu, Situ Parigi kini beralih fungsi dan sudah tak terawat, terbukti  banyaknya sampah dan sedimen sehingga terjadi pendangkalan dan penyusutan situ ini.

Blue_Bird_Setu_Perigi_1Setu Parigi adalah sebuah yang dibuat pada zaman Kolonial Belanda untuk kebutuhan irigasi persawahan dengan luas sekitar 7 hektare terletak di Kelurahan Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten. Setu ini berhulu di kecamatan Ciputat, Tangerang selatan dan semuanya berhilir di Kali Angke. Perjalanan waktu, Situ Parigi kini beralih fungsi dan sudah tak terawat, terbukti  banyaknya sampah dan sedimen sehingga terjadi pendangkalan dan penyusutan situ ini. Untuk melestarikan Situ Parigi, Forum Koordinasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Kota Tangerang Selatan dengan Korps Situ Parigi menandatangani MoU untuk Pelestarian Situ Parigi, pada Rabu, 5 Juni 2014. Acara ini dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH,  Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Pemkot Tangsel, Rahmat Salam, GM Pool Perigi Suzi Emiliani, pejabat terkait dan tokoh masyarakat setempat. Acara ini juga diramaikan dengan festival Budaya Betawi dengan pertunjukan Pencak Silat.

Blue_Bird_Setu_Perigi_2

Dalam sambutan pembuka, Hj. Airin Rachmi Diany mengatakan, bahwa kehadiran Forum Koordinasi DAS Wilayah Kota Tangerang Selatan ini dapat memperkuat sinergi di dalam usaha pengelolaan DAS secara terpadu di Kota Tangerang Selatan. “MOU ini merupakan upaya pelestarian lingkungan di Setu Perigi, dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan swasta, yang digagas oleh Forum DAS Tangsel dan Badan Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan. Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat setempat dan pengusaha yang telah memberikan kontribusi untuk pelestarian Situ Parigi,” papar Airin.Acara dilanjutkan dengan penyerahan perahu yang akan digunakan untuk membersihkan sampah di Situ Parigi dari GM Pool Perigi Suzi Emiliani kepada Hj. Airin Rachmi Diany, kemudian dilanjutkan dengan kerja bakti dengan membersihkan sampah di sekitar setu. Nampak puluhan personel dari Pool Perigi membersihkan sampah dan membabat alang-alang.

Blue_Bird_Setu_Perigi_3

BlueBirdApps

My Blue Bird

New My Blue Bird App is now available with the latest feature
to make your journey even more comfortable.